Wednesday, 24 January 2024 08:14

Oleh Oleh Khas Labuan Bajo yang Wajib di Coba Ketika Berkunjung

Written by

Berikut adalah oleh-oleh khas labuan bajo :

1. Pia Bajo

View-dari-Pia-Bajo

Rasa Pia Bajo mirip perpaduan pia khas Bali dan pia khas Malang. "Kita buat di (Labuan) Bajo, dan menyesuakan dengan cita rasa lokal yang disukai. Lapisan luarnya renyah, namun tetap lembut di lapisan dalam," kata salah satu pegawai Kado Bajo, Irmaniati Ismadi, kepada Kompas.com, Kamis. Ia menambahkan, ada tiga varian rasa Pia Bajo yang mereka jual, yaitu keju, kacang hijau dan cokelat. Varian paling laris adalah pia cokelat. Ada tiga varian Pia Bajo yang mereka jual, yaitu keju, kacang hijau, dan cokelat. Varian paling laris adalah pia coklat.

2. Tenun Songke

View-dari-tenun-songke

Tenun Songke Manggarai sangat mudah ditemui di berbagai toko penjual suvenir, dengan harga mulai dari ratusan ribu Rupiah hingga puluhan juta Rupiah Kain Songke Manggarai merupakan salah satu bentuk seni rupa tradisional yang unik. Seni tenun ini butuh ketelitian serta ketekunan dalam proses pembuatannya.Selain itu, ragam motif Songke Manggarai tidak hanya sekedar hiasan dan ornamen semata, namun juga punya makna mendalam terkait budaya orang Manggarai itu sendiri.

3. Kompiang

View-dari-kompiang

Kompiang adalah kudapan khas Labuan Bajo yang rasanya gurih dengan tekstur yang lebih padat dari roti, serta diberi taburan wijen pada sisi atasnya. Terdapat lubang di tengah kompiang yang diisi aneka rasa. Kompiang rasa original tak hanya menjadi oleh-oleh khas Labuan Bajo, namun juga populer di seluruh Manggarai Raya. Harga satu buah kompiang dibanderol mulai daru Rp 1.000 sampai dengan Rp 9.000, tergantung varian rasa.

4. Ukiran Komodo

view-dari-ukiran-komodo

Komodo adalah ikon Labuan Bajo yang melegenda. Kamu bisa membeli miniatur komodo yang dipahat dari kayu, sebagai kenang-kenangan. Baca juga: Menerbangkan Drone di Kawasan TN Komodo Harus Punya Surat Izin Ukiran miniatur komodo ini bisa ditemukan di berbagai toko suvenir. Adapun harganya berkisar mulai Rp 39.000 sampai Rp 3,49 juta, tergantung ukuran dan tingkat kesulitan ukiran. 

5. Kopi Manggarai

view-kopi-manggarai

Daerah Manggarai terkenal akan biji kopi yang berkualitas dengan aroma khasnya. Kamu bisa menemukan banyak sekali toko yang menjual bubuk kopi siap saji, baik varian robusta maupun arabika, dan menjadikannya sebagai oleh-oleh khas Labuan Bajo.

Info reservasi Jalan Binongko RT 2 RW 2 Kel Labuan Bajo, Kec Komodo Labuan Bajo Flores Kabupaten Manggarai Barat Nusa Tenggara Timur 86554 Indonesia.

 

Search by :

travel.kompas.com

Read 303 times

Leave a comment

Make sure you enter all the required information, indicated by an asterisk (*). HTML code is not allowed.