Thursday, 25 January 2024 02:31

Makanan khas dari Labuan Bajo yang Wajib kamu Coba Ketika Berkunjung

Written by

Berikut adalah makanan khas labuan bajo :

1. Ikan Kuah Asam

view-dari-makanan-khas-bajo-ikan-kuah-asam

Makanan khas Labuan Bajo pertama yang wajib kamu cicipi adalah ikan kuah asam. Masakan ini terbuat dari ikan kerapu atau kakap yang dimasak dengan kuah bening asam. Rasa asam dari kuahnya sangat khas dengan bahan utama belimbing wuluh. Daging ikannya juga sangat enak karena terbuat dari ikan segar yang baru ditangkap. Kamu bisa mencoba menu ini di restoran maupun warung-warung makan yang ada di kota ini.

2. Sambal Ikan Teri

view-dari-makanan-khas-sambal-ikan-teri

Makanan khas Labuan Bajo yang selanjutnya adalah sambal ikan teri. Ikan teri yang digunakan dalam masakan ini bukanlah ikan teri kering melainkan ikan teri segar. Karena kesegarannya inilah cita rasa dari makanan ini sangat khas. Tidak hanya ikan saja, di dalamnya juga ada kacang tanah goreng dan irisan daun jeruk yang membuat rasanya semakin nikmat. Para pecinta pedas wajib untuk mencoba makanan ini ketika di Labuan Bajo.

3. Kolo Labuan Bajo

view-dari-makanan-khas-kolo-labuan-bajo

Kamu pasti sudah sering makan nasi bakar bukan? Nah, kalau di Labuan Bajo makanan yang berupa nasi bakar dinamakan Kolo hanya saja cara pembuatannya lebih istimewa. Kolo dibakar menggunakan alat yang khusus dan bara api. Sebelum dibakar nasi diberi bumbu khas lalu dibakar menggunakan bambu selama 30 menit.

4. Jagung Bose

view-dari-makanan-khas-bajo-jagung-bose

Kamu lagi tidak ingin makan nasi? Coba saja makan jagung bose. Makanan ini dikenal sebagai pengganti nasi oleh masyarakat lokal Labuan Bajo. Jagung putih yang ditumbuk dengan menggunakan alat bernama lesung. Setelah itu lalu dimasak dengan campuran kacang merah dan santan untuk mendapatkan rasa gurih.

5. Tumis Bunga Pepaya

view-dari-makanan-khas-bajo-tumis-bunga-pepaya

Makanan khas Labuan Bajo lainnya yang tidak kalah enak adalah tumis bunga pepaya. Tidak kalah nikmatnya dengan plecing kangkung khas Nusa Tenggara Barat, di Labuan Bajo masakan tumis bunga pepaya sangat terkenal. Masakan tumisan daun pepaya yang segar dan pedas ini sangat cocok dijadikan teman makan nasi hangat.

Info reservasi Jalan Binongko RT 2 RW 2 Kel Labuan Bajo, Kec Komodo Labuan Bajo Flores Kabupaten Manggarai Barat Nusa Tenggara Timur 86554 Indonesia.

 

Search by :

traveloka.com

foodnesia.net

Read 268 times

Leave a comment

Make sure you enter all the required information, indicated by an asterisk (*). HTML code is not allowed.